PROFESIONALISME GURU

  • Masdub Masdub
Keywords: Profesionalisme, Guru

Abstract

Profesionalisme guru dapat dimaknai sebagai pekerjaan guru yang memerlukan  pengabdian, keahlian khusus dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang harus selalu diperbaharui secara terus-menerus sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru adalah seorang yang diberi kepercayaan untuk memberikan ilmu kepada orang lain karena dia mempunyai kemampuan profesional, dan kemampuan profesionalnya akan terus-menerus dikembangkan melalui Pendidikan dan pelatihan.

Melaksanakan tugas dan kewajiban serta mengembangkan profesinya, guru di Indonesia wajib berpegang kepada kode etik, agar apa yang dilakukannya  sesuai dengan tujuan Pendidikan nasional untuk membentuk manusia yang seutuhnya. Selain itu guru juga harus membina hubungan baik dengan orang tua siswa dan bersama-sama memajukan dan meningkatkan mutu Pendidikan, sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah. Untuk menjadi guru yang profesional mutlak harus memiliki dan menguasai empat kompetensi dasar; (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,  kompetensi sosial, dan kompetensi profesional), agar mampu menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.

            Usaha pengembangan dan pembinaan profesionalisme guru dapat dilakukan oleh pemerintah, kelompok dan individu. Kegiatan mengikuti program pemerintah  dalam bentuk diklat-diklat, pelatihan-pelatihan dan melalui organisasi profesi dalam bentuk; seminar, workshop, lokakarya, diskusi panel dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan yang bersifat membuka wawasan keprofesionalan guru tersebut.

Published
2018-07-03