PROFESIONALISME GURU
DOI:
https://doi.org/10.69782/almanba.v7i13.7Abstract
Profesionalisme guru dapat dimaknai sebagai pekerjaan guru yang memerlukan pengabdian, keahlian khusus dalam bidang pendidikan dan pembelajaran yang harus selalu diperbaharui secara terus-menerus sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru adalah seorang yang diberi kepercayaan untuk memberikan ilmu kepada orang lain karena dia mempunyai kemampuan profesional, dan kemampuan profesionalnya akan terus-menerus dikembangkan melalui Pendidikan dan pelatihan.
Melaksanakan tugas dan kewajiban serta mengembangkan profesinya, guru di Indonesia wajib berpegang kepada kode etik, agar apa yang dilakukannya sesuai dengan tujuan Pendidikan nasional untuk membentuk manusia yang seutuhnya. Selain itu guru juga harus membina hubungan baik dengan orang tua siswa dan bersama-sama memajukan dan meningkatkan mutu Pendidikan, sesuai dengan kebijaksanaan pemerintah. Untuk menjadi guru yang profesional mutlak harus memiliki dan menguasai empat kompetensi dasar; (kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional), agar mampu menjalankan tugasnya secara efektif dan efisien.
Usaha pengembangan dan pembinaan profesionalisme guru dapat dilakukan oleh pemerintah, kelompok dan individu. Kegiatan mengikuti program pemerintah dalam bentuk diklat-diklat, pelatihan-pelatihan dan melalui organisasi profesi dalam bentuk; seminar, workshop, lokakarya, diskusi panel dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan yang bersifat membuka wawasan keprofesionalan guru tersebut.
References
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, cet. Kesembilan, 2009.
Asmuni, Jamal Ma’mur, 7 Kompetensi guru Menyenangkan dan Profesional, Jogjakarta: Power Books (ihdina), cet. Pertama, 2009.
Buseri, Kamberani, Reinventing Pendidikan Islam, Banjarmasin: Antasari Press, cer ke I, 2010.
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan anak Didik Dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. Ketiga, 2005.
Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.
Kawayni al-, Ibnu Yajid Al Hafiz Abi Abdillah Muhammad, Sunan Ibnu Majah, Bairut: Darul Fiqri, 1995
Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2009.
Mansyur, dan Harun Rasyid, dan Suratno, Asemen Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Multi Pressindo, 2009.
Mulyasa, E, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan, Jakarta: Prenada Media, Cet. Ke I, 2003.
Nurdin, Syaifuddin, Guru Profesional & Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Press, 2005.
Pusat Bahasa Depertemen Pendidikan Nsional, ¬Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakart:, Balai Pustaka, Edisi ke tiga, 2007.
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta, 2009.
Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Kencana, 2006.
Saud, Udin Syaefudin, Pengembangan Profesi guru, Bandung, CV. Alfabeta, cet. Kedua, 2009
Soetjipto dan Raflis, Profesi Keguruan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Subroto, Suryo B, Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. Keempat, 2004.
Suparlan, Menjadi Guru Efektif, Yogyakarta: Hikayat Publishing, Cet. Pertama, 2005.
Syafaruddin, dan Irwan Nasution, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: PT. Ciputat Press, Cet. Pertama, 2005.
Tilaar, H. A.R, Membenahi Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta, Cet. Pertama, 2002.
Undang-Unang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 dan Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru dan Dosen, Bandung: Citra Umbara, 2009.
Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003, tentang Sisdiknas dan Peraturan Pemerintah RI. Nomor 47 tahun 2008 tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, 2009.
Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, Cet. Keduapuluh, 2006.



